Wisata Kampung Adat Bayan

KARANG BAJO, SENARU, DESA BAYAN, SUKADANA, BARUNG BIRAQ, SEMOKAN, SEMBAGEK

Kampung adat Bayan terletak di kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Yang Mana Kampung adat ini turut menghiasi keindahan alam kaki Gunung Rinjani. Keberadaan kampong ini yang terletak dekat dengan hutan lindung, suara burung dan hewan di pemukiman ini menjadi melodi terindah sepanjang masa. Rasakan kesejukan dan kedamaian saat mulai berkunjung dan meratapi aktifitas masyarakat tradisional yang sekaligus menjadi kerangka inspirasi tentang makna sebuah Kehidupan.

Dan itu semua Nampak dari raut wajah dan expresi setiap orang disana yang selalu penuh kegembiraan dan begitu menikmati hari hari mereka dengan baik. Menghidupi ternak yang mereka siapkan untuk melakukan ritual- ritual adat, membuat beberapa kerajinan sebagai penunjang kebutuhan sandang dan papan, hingga memasak hasil hasil tanaman mereka sebagai makanan sehari hari.

Kutipan Tentang Berdirinya Kampung ADAT ini. Konon cerita dari para tokoh adat di kampung ini bahwa pemukiman tradisional telah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu. Sejak zaman kerajaan anak agung dan penyebaran agama islam di Lombok. selain itu kata “KAMPUNG ADAT” sebenarnya nama untuk mempermudah pengenalan saja pada setiap informasi yang berkembang disaat ini. Namun nama asli dari pemukiman sejenis ini adalah KAMPU ADAT.

Yang mana KAMPU ADAT merupakan perumahan perumahan khusus tempat menetapnya para tokoh tua adat terdahulu yang memegang amanah untuk membawa ketentraman dalam berkehidupan sosial dan bermasyarakat. Sehingga sampai hari ini Rumah- rumah khusus tersebut masih bernilai sejarah dan kearifan local yang sangat bermakna. Mulai dari BENTUK FISISK BANGUNAN dan fungsinya, hingga berbagai jenis ritual adat istiadat yang tetap diselenggarakan pada waktu-waktu yang telah ditentukan.Adapun beberapa jenis Bangunan Yang dimaksud adalah Geleng, Bale mengina, Bale makam, berugak, sekenem, sekepat, masjid kuno, amben, dll.

Aktifitas sehari-hari di kampung adat

Adapun masyarakat yang bertempat tinggal diKampu Adat sehari hari memiliki aktifitas yang serupa dengan masyarakat lainnya. Namun mereka lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menjalankan ritual adat. Secara profesi lebih banyak dari mereka berprofesi sebagai petani. Karana mereka sekaligus pewaris yang boleh mengelola beberapa lahan yang dimiliki adat/tanah pecatu.

Kapan dapat bertemu dengan mereka dan apa saja yang akan didapatkan? sebenarnya kita dapat menjumpai mereka kapanpun. Asalkan sudah melakukan janji bertemu sebelumnya untuk memastikan mereka dapat meluangkan waktu lebih banyak untuk berdiskusi dengan anda. Disamping itu juga anda dapat berbagi informasi seputar adat isitiadat yang berlaku di kecmatan bayan secara umum, maupun di Desa-desa secara khusus.

Masyarakat Adat Yang Kereatif. Masyarakat adat mewarisi kerajinan leluhur mereka yang sampai hari ini masih menjadi pusat perhatian dunia yang merupakan bagian dari keberagaman dan nilai kearifan lokal yang masih kental dengan tehnology tepat guna. dan bahan bahan alami serta pewarna masih menggunakan dedaunan. Dan KERAJINAN TENUN. Menggunakan peralatan tanpa mesin dalam proses pembuatan suatu barang berupa selendang, shal, sarung, dll. Akan tetapi hasil buatan berkwalitas terbaik dan sangat menarik tentu disertai dengan kombinasi warna tradisional dan beberapa motif YANG DIPENUHI DENGAN FILSAFAT dalam kehidupan.

Bagaiman Anda dapat Berkunjung Kesana ?
Anda tiba di senaru/office Rinjani Discovery. team kami akan mengantarkan anda menuju penginapan serta anda dapat beristirahat sejenak. Setelah itu di sore harinya anda akan dibawa oleh team kami untuk melakukan tour sekitar yang bernilai petualangan budaya.

Melihat keidupan tradisional masyarakat sebagai obyek tujuan wisata budaya yang selama ini popular ditempat kami. Setidaknya anda cukup membawa bekal untuk Persiapan makan malam di jalan saja. Dan membawa sedikit sumbangan berupa bingkisan (bukuTulis, polpen, dll) untuk anak masyarakat tradisonal yang masih bersekolah. Maka rasakan kehangatan bertemu dengan mereka dengan antusias yang begitu tinggi sehingga menjatuhkan segala Naluri dalam diri anda berada dalam titik zero tentang arti kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *